Blog

Pinjam Uang Cepat dan Mudah di Bank BRI dengan Jaminan Sertifikat Tanah

Di era modern ini, kebutuhan finansial terkadang datang tiba-tiba, misalnya kebutuhan untuk modal kerja usaha di ruko yang Anda miliki, atau bisa juga digunakan untuk investasi yang berkatian dengan aktivitas bisnis. Untuk mewujudkannya, banyak orang mencari solusi pinjaman yang cepat, mudah, dan terpercaya. 

Bank BRI sebagai salah satu bank BUMN ternama di Indonesia menawarkan solusi tepat melalui pinjaman jaminan sertifikat tanah. Produk kredit tersebut mungkin bisa jadi solusi bagi Anda yang membutuhkan dana darurat untuk keperluan usaha yang mendesak.

Artikel kali ini akan menjelaskan mengenai cara pengajuan pinjaman ke Bank BRI jaminan sertifikat tanah atau rumah baik berupa Sertifikat Hak Milik (SHM) atau jenis sertifikat properti lainnya yang berlaku secara sah di Indonesia. 

Pada artikel ini juga akan menjelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon debitur yang berlaku di tahun 2024. Simak sampai akhir ya!

Jenis Pinjaman Bank BRI dengan Jaminan Sertifikat Tanah

Sebelum mengajukan pinjaman uang jaminan sertifikat tanah di Bank BRI, Anda perlu memahami terlebih dahulu jenis pinjaman yang paling populer diajukan oleh masyarakat.

Berikut dua jenis produk pinjaman di Bank BRI yang paling sering diajukan oleh calon debitur:

Kupedes

Kupedes, atau Kredit Umum Pedesaan, adalah produk pinjaman mikro dari Bank BRI yang ditujukan untuk membantu pelaku usaha kecil dan perorangan, baik sektor formal maupun informal, dalam mengembangkan usahanya.

Kupedes dapat dilayani di BRI unit atau BRI kantor cabang, namun biasanya kita cukup datang ke BRI unit saja, karena di kantor cabang umumnya melayani pembiayaan yang lebih besar untuk skala ritel.

Nama Produk Pinjaman:Kupedes
Jumlah Plafond Pengajuan:Pinjaman > Rp250.000.000
Jenis dan Suku Bunga:*Flat/bulan: 0,90% s.d 1,30% atau Annuitas/tahun: 19,50% s.d 26,50%
Jaminan/Agunan:AJB, SHM atau surat tanah lainnya atas nama calon debitur

(*) Besaran bunga berdasarkan jumlah plafond pinjaman serta tenor yang diambil

Kupedes Rakyat

Kupedes Rakyat merupakan produk pinjaman mikro dari Bank BRI yang ditujukan untuk membantu pelaku usaha kecil dan perorangan dalam mengembangkan usahanya. 

Pinjaman ini mudah diakses dan memiliki persyaratan yang ringan, sehingga cocok bagi para pengusaha pemula atau yang belum memiliki akses ke perbankan formal.

Nama Produk Pinjaman:Kupedes Rakyat
Jumlah Plafond Pengajuan:Rp5.000.000 s.d Rp100.000.000
Jenis dan Suku Bunga:Annuitas: Pinjaman 1 s.d 2 tahun, bunga 21,50% per tahun
Annuitas: Pinjaman 2 tahun keatas, bunga 22% per tahun
Jaminan/Agunan:Pengajuan diatas 50 juta, nilai agunan minimal harus mengcover plafond
Tabel angsuran Kupedes Rakyat
Tabel simulasi pinjaman Bank BRI 2024 Kupedes Rakyat (Dok. Istimewa)

Cara Pinjam Uang di Bank BRI Jaminan Sertifikat Tanah

Berikut ini langkah-langkah dan proses yang dapat Anda tempuh dalam mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah atau tanah:

1. Siapkan Syarat Pengajuan Pinjaman BRI

Untuk mengajukan pinjaman di BRI Anda harus berusia minimal 17 tahun, atau sudah menikah. Selain itu harus memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan.

Syarat-syarat dokumen pinjaman Bank BRI jaminan sertifikat yang harus disiapkan meliputi:

  • Fotokopi KTP Pemohon dan Pasangan (Suami/Istri)
  • Pas Foto 4×6 Suami & Istri
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Kartu NPWP
  • Fotokopi Buku Tabungan BRI
  • Fotokopi SIUP TDP (Surat Izin Usaha dan Tanda Daftar Perusahaan) atau SKU (Surat Keterangan Usaha) yang dapat diurus melalui RT/RW, Kantor Kelurahan, Kecamatan, atau dapat dibuat sendiri secara online melalui laman oss.go.id
  • Sertifikat Hak Milik, SHGB, Akta Hibah, AJB atau surat kepemilikan properti lain-lain yang asli beserta salinannya
  • Bukti Cetak SPPT PBB terakhir.

2. Datang ke Kantor BRI Terdekat

Setelah persyaratan terkumpul, kunjungi kantor Bank BRI terdekat baik itu unit kerja atau kantor cabang. Bank BRI merupakan satu-satunya bank yang memiliki unit kerja hampir di setiap kecamatan di seluruh Indonesia.

Silahkan mengambil antrian menuju customer service atau dapat bertanya terlebih dahulu kepada satpam bank agar diarahkan untuk mengajukan dana pinjaman.

3. Serahkan Persyaratan 

Ketika sudah duduk di bangku customer service, serahkan persyaratan yang sudah dilengkapi sebelumnya. Setelah itu isi formulir pengajuan pinjaman Bank BRI. 

Biasanya customer service akan melakukan screening awal dengan menanyakan beberapa hal, misalnya kelengkapan persyaratan, alamat tinggal, domisili usaha, jenis usaha, lamanya usaha, serta jumlah plafond yang diajukan beserta jangka waktu yang akan diambil.

4. Proses Verifikasi Data

Tahap selanjutnya, formulir permohonan pinjaman BRI serta syarat-syarat yang sudah dikumpulkan akan di verifikasi oleh petugas.

Pastikan Anda tidak memiliki riwayat pinjaman macet atau menunggak sebelumnya, karena salah satu proses verifikasi data yang akan dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan riwayat pinjaman melalui SLIK BI.

Jika Anda memiliki riwayat kredit yang buruk, maka kemungkinan besar permohonan pinjaman dengan gadai sertifikat rumah atau tanah akan di tolak.

Lakukan langkah pemutihan BI Checking terlebih dahulu kemudian coba ajukan kembali setelah BI Checking benar-benar bersih.

5. Proses Kunjungan atau Survey ke Lokasi Usaha

Jika pada tahap verifikasi data sudah berhasil, maka petugas lapangan akan memproses pengajuan pinjaman dengan melakukan kunjungan ke lokasi usaha, rumah, atau ke lokasi agunan.

Hal tersebut untuk memastikan kelayakan usaha yang akan dibiayai, serta mengecek bukti fisik agunan sesuai dengan yang tertera pada sertifikat yang dijadikan jaminan.

6. Pencairan Dana atau Akad Kredit

Pada tahap akhir, Anda tinggal menunggu keputusan dari pihak bank apakah pinjaman dengan agunan sertifikat rumah atau tanah disetujui atau tidak melalui telepon.

Jika pinjaman Anda disetujui, maka proses terakhir yakni berupa akad kredit atau pencairan di kantor BRI dimana Anda melakukan pengajuan. Umumnya calon debitur akan diminta datang bersama pasangan (suami/istri) dengan membawa KTP asli, buku tabungan BRI asli, materai, serta kartu ATM.

Demikian panduan tentang cara pinjam uang di Bank BRI menggunakan jaminan sertifikat. Sebelum memilih produk layanan pinjaman dana di bank, pastikan Anda mengetahui syarat dan ketentuannya terlebih dahulu, agar prosesnya berjalan lancar. 

Temukan informasi menarik lainnya seputar keuangan, pembiayaan properti, tips dan trik properti di laman Inspirasi Dwijaya Karya.

Dwijaya Karya

Pengembang properti perumahan, apartemen, komplek komersial dan properti real estate lainnya yang terpercaya di Indonesia lebih dari 10 tahun.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker