Blog

15 Ide Usaha di Ruko Tahun 2024 yang Menjanjikan

Berbisnis di ruko memberikan keuntungan signifikan karena memiliki lokasi yang strategis di pusat-pusat perkotaan atau kawasan ramai. Kondisi tersebut dapat meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas bisnis Anda. 

Fleksibilitas ruang yang dimiliki ruko juga memungkinkan penyesuaian yang lebih baik terhadap kebutuhan bisnis, sementara kemudahan parkir yang disediakan menarik pelanggan yang menggunakan kendaraan pribadi.

Apabila letak ruko berada di sekitar area komersial di kawasan perumahan atau apartemen, maka akan memungkinkan bagi Anda untuk menargetkan pasar yang lebih spesifik, yaitu para penghuni di komplek hunian tersebut. Selain itu, potensi pertumbuhan bisnis akan berjalan lurus dengan berkembangnya wilayah tersebut.

Jika Anda sedang memiliki rencana membuka usaha di ruko namun bingung menentukan kira-kira jenis usaha apa yang cocok dan menjanjikan di tahun 2024 ini. Berikut beberapa rekomendasi ide bisnis atau ide usaha yang cocok untuk Anda yang sudah memiliki ruko atau bahkan bagi Anda yang baru mau membeli ruko.

1. Kafe Tematik

Kafe dengan konsep industrial
Foto oleh Lisa Fotios dari Pexels

Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang “tidak ada matinya”, karena seperti yang kita ketahui, makanan (pangan) merupakan kebutuhan dasar yang akan selalu di cari dan dibutuhkan oleh manusia. Membuka kafe tematik bisa jadi ide bisnis di ruko yang sangat menjanjikan pada tahun 2024 ini.

Kafe tematik yang instagramable memiliki potensi besar karena dapat menawarkan pengalaman unik dan menarik bagi pelanggan, sehingga dapat meningkatkan daya tarik dan loyalitas mereka. Tema yang kreatif dan unik dapat membuat kafe Anda menjadi destinasi favorit bagi pengunjung yang mencari pengalaman baru. 

Selain itu, kafe tematik cenderung lebih mudah untuk dipasarkan melalui media sosial dan mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan, termasuk influencers dan pembuat konten. 

Anda dapat menghadirkan suasana yang berbeda dan menarik, agar dapat menarik pelanggan baru secara konsisten dan membangun komunitas yang kuat di sekitarnya.

2. Franchise Restoran Cepat Saji

ide bisnis makanan cepat saji
Image by jcomp on Freepik

Membuka franchise restoran cepat saji sangat menarik karena memanfaatkan model bisnis yang sudah teruji dan dikenal luas. 

Ketika menjadi bagian dari investasi jaringan franchise, Anda akan memperoleh dukungan dari merek yang sudah mapan, seperti mengakses panduan operasional, pelatihan, dan dukungan pemasaran yang telah terbukti berhasil.

Restoran cepat saji cenderung memiliki pangsa pasar yang stabil dan besar, karena permintaan akan makanan cepat saji terus meningkat di berbagai kalangan masyarakat. 

Dengan memilih franchise yang tepat dan mengelola operasional dengan baik, peluang kesuksesan dan profitabilitas bisnis Anda pun dapat meningkat secara signifikan.

3. Rumah Makan

Ide usaha rumah makan khas daerah
Image by Freepik

Berbeda dengan restoran cepat saji, usaha kuliner yang satu ini bisa Anda coba dengan menyediakan menu masakan autentik yang Anda ciptakan sendiri, atau dapat pula berupa menu makanan khas daerah seperti dari Padang, Sunda, Jawa, Bali dan daerah lainnya.

Usaha makanan yang menawarkan menu yang lezat, autentik, beragam, serta dapat memberikan pelayanan yang baik, memiliki potensi besar untuk menarik konsumen dan membangun basis pelanggan yang setia. 

Bisnis rumah makan masih sangat potensial mengambil bagian dari pasar yang terus berkembang di tahun 2024 ini.

4. Mini Market atau Warung Kelontong

Ide usaha mini market di ruko dekat apartemen
Image by Freepik

Ide usaha di ruko yang satu ini sangat menjanjikan di tahun 2024 karena adanya perubahan pola konsumsi dan gaya hidup masyarakat. Pasca-pandemi, kebiasaan berbelanja secara lokal dan memprioritaskan kebutuhan sehari-hari menjadi lebih populer.

Toko kelontong yang terletak di wilayah sekitar perumahan atau kompleks hunian dapat memberikan kemudahan akses bagi penghuni dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, tanpa harus pergi jauh. 

Dengan menyediakan berbagai macam produk kebutuhan pokok dan tambahan, bisnis ini dapat menarik minat pelanggan yang mencari kenyamanan dan kepraktisan dalam berbelanja.

5. Usaha Laundry dan Dry Cleaning

Usaha laundry di ruko
Image by rawpixel.com on Freepik

Salah satu bisnis yang cocok untuk dijalankan di ruko sekitar komplek hunian adalah laundry dan dry cleaning. Gaya hidup penghuni apartemen yang sibuk dan kurangnya waktu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci pakaian membuat banyak orang mencari layanan laundry yang praktis dan efisien.

Anda harus mampu menyediakan layanan berkualitas, pengambilan dan pengantaran yang tepat waktu, serta harga yang kompetitif. 

Bisnis laundry dan dry cleaning memiliki potensi untuk menarik pelanggan dan menghasilkan pendapatan yang besar.

6. Peluang Bisnis Jasa Penitipan Anak (Daycare)

Peluang usaha daycare dengan memanfaatkan ruko
Foto oleh Alexander Grey dari Pexels

Meningkatnya jumlah keluarga dengan pasangan suami istri yang sama-sama bekerja memunculkan peluang usaha penitipan anak (daycare). 

Banyak orang tua yang mencari tempat penitipan yang aman dan berkualitas untuk anak-anak mereka saat mereka bekerja atau beraktivitas di luar rumah.

Dengan menyediakan lingkungan yang nyaman, didukung oleh staf yang terlatih dan peralatan yang sesuai, bisnis daycare memiliki potensi untuk menjadi solusi yang dicari banyak orang tua saat ini. 

Keberadaan daycare juga memberikan peluang bagi anak-anak untuk belajar, berinteraksi sosial, dan mengembangkan keterampilan mereka secara positif, yang menjadi nilai tambah bagi para orang tua.

7. Jasa Kursus atau Les

Buka usaha kursus atau les di ruko
Image by standret on Freepik

Kebutuhan akan pendidikan tambahan terus meningkat di masyarakat, baik untuk meningkatkan keterampilan kerja maupun akademis. Banyak orang yang mencari kursus atau les untuk mengembangkan diri atau untuk anak-anak mereka. 

Dengan meningkatnya persaingan di pasar kerja yang menuntut keterampilan yang lebih maju dan kompleks, peluang bagi bisnis jasa kursus untuk berbagai subjek seperti bahasa asing, matematika, musik, seni, dan lainnya semakin terbuka lebar.

Selain itu, adopsi teknologi dan platform online telah memungkinkan jasa kursus untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, tanpa terbatas oleh batas geografis.

8. Salon Kecantikan

Ide bisnis salon kecantikan di ruko
Image by Freepik

Bisnis salon kecantikan menawarkan layanan perawatan tubuh dan kecantikan yang menarik bagi banyak orang, terutama pada zaman di mana penampilan sering kali dianggap penting.

Salon kecantikan dapat menyediakan beragam layanan, mulai dari potong rambut, perawatan kulit, manicure dan pedicure, hingga layanan spa. 

Bisnis salon masih menjadi usaha yang menjanjikan di tahun 2024, mengingat tren kecantikan yang terus berkembang. Permintaan konstan dari masyarakat untuk merawat diri membuat bisnis ini tetap relevan dengan prospek yang bagus.

9. Barbershop

Ide usaha barbershop di ruko tahun 2024
Image by senivpetro on Freepik

Barbershop merupakan usaha yang menyediakan layanan potong rambut dan perawatan janggut khusus untuk pria. Saat ini barbershop banyak yang menawarkan konsep ruangan yang khas dan memiliki tema, misalnya dengan nuansa maskulin atau suasana desain interior industrial.

Dalam menjalankan bisnis ini, fokus yang harus Anda berikan terdapat pada kualitas layanan potong rambut yang presisi, perawatan janggut, serta pelayanan tambahan seperti pijat kepala, dan produk perawatan rambut.

10. Toko Perlengkapan Rumah Tangga

Usaha perabotan rumah tangga di ruko
Image by pvproductions on Freepik

Anda juga dapat memanfaatkan ruang di ruko untuk buka bisnis penjualan peralatan rumah tangga yang menyediakan beragam barang mulai dari peralatan dapur, alat kebersihan, dekorasi rumah, hingga perlengkapan kamar mandi.

Dengan menyediakan produk berkualitas, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, serta mengikuti tren terbaru dalam industri perlengkapan rumah tangga, bisnis ini memiliki potensi untuk menjadi tujuan belanja utama bagi penghuni kompleks hunian dan masyarakat sekitar.

11. Toko Peralatan Olahraga

Toko peralatan olahraga ide bisnis tahun 2024
Image by wavebreakmedia_micro on Freepik

Berikutnya jenis usaha di ruko yang menarik serta potensial dijalankan pada tahun 2024 adalah penjualan berbagai macam peralatan, pakaian, dan aksesori yang dibutuhkan untuk berbagai jenis olahraga. 

Misalnya penjualan sepatu, pakaian, celana gunung, peralatan fitness, perlengkapan outdoor, hingga aksesori seperti tas, topi, dan kacamata olahraga. 

Selain itu, Anda juga dapat menyediakan layanan tambahan seperti perbaikan atau konsultasi untuk membantu pelanggan dalam memilih peralatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan tujuan mereka dalam berolahraga.

Bisnis peralatan olahraga ini dapat beroperasi secara fisik di dalam properti ruko konvensional, melalui daring via platform e-commerce, atau kombinasi dari keduanya.

12. Usaha di Ruko Berupa Coworking Space

Ide bisnis coworking space di tahun 2024
Image by cookie_studio on Freepik

Bisnis co-working space adalah model bisnis di mana sebuah ruang atau fasilitas disediakan untuk individu atau perusahaan yang ingin bekerja secara fleksibel atau jarak jauh.

Co-working space biasanya dilengkapi dengan fasilitas seperti meja kerja, kursi, jaringan internet, ruang rapat, area lounge, dan fasilitas pendukung lainnya seperti printer dan dapur bersama.

Konsep ini memungkinkan para pekerja mandiri, startup, atau perusahaan yang tidak memiliki kantor tetap untuk menyewa ruang kerja sesuai kebutuhan mereka dengan membayar biaya bulanan atau harian. 

Co-working space juga sering menjadi tempat untuk berbagi ide, berkolaborasi, dan membangun jaringan profesional dengan orang-orang dari berbagai bidang dan latar belakang.

13. Usaha Percetakan dan Fotokopi

Usaha fotokopi dan percetakan di ruko
Image by senivpetro on Freepik

Jasa fotokopi dan percetakan cenderung akan selalu dicari oleh masyarakat selama mereka masih rutin menyalin dokumen untuk berbagai keperluan, misalnya sebagai persyaratan dokumen pengurusan surat-surat properti, dokumen untuk kepentingan sekolah anak, dan lain-lain.

Bisnis percetakan dan fotokopi masih memiliki prospek yang baik di Indonesia, meskipun terjadi perubahan dalam tren konsumen dan teknologi yang mengakibatkan semakin banyak orang beralih ke media digital. 

Namun ternyata kebutuhan untuk dokumen fisik, seperti brosur, pamflet, surat, dan dokumen-dokumen lainnya masih banyak peminatnya. Disamping itu, masih banyak bisnis dan institusi yang membutuhkan layanan percetakan untuk keperluan pemasaran, administrasi, dan operasional mereka.

Perkembangan teknologi justru membawa peluang baru bagi bisnis percetakan, seperti cetak digital, cetak 3D, dan layanan cetak khusus lainnya yang dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing usaha.

14. Apotek

Membuka toko apotek di ruko
Image by DC Studio on Freepik

Ide selanjutnya yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk membuka usaha di ruko adalah apotek. Anda dapat menyediakan obat-obatan, suplemen, dan produk farmasi lainnya kepada konsumen. 

Apotek juga memberikan layanan konsultasi farmasi, informasi tentang penggunaan obat, serta menjual produk-produk kesehatan dan kecantikan.

Tujuan apotek adalah memberikan akses yang mudah dan aman terhadap obat-obatan yang diperlukan oleh masyarakat, serta memberikan informasi yang tepat mengenai penggunaan obat.

15. Jual Produk Pertanian Segar (Fresh Market)

Toko fresh market digemari kaum urban
Image by frimufilms on Freepik

Kegiatan usaha ini dapat menjadi tempat dimana masyarakat bisa membeli berbagai jenis produk segar seperti buah, sayuran, daging, ikan, rempah-rempah, dan produk-produk pertanian lainnya. 

Konsep bisnis ini seringkali menawarkan produk-produk yang lebih segar dan berkualitas dibandingkan dengan supermarket atau pasar tradisional, karena produk-produk yang didapatkan belum lama dipanen.

Saat ini kosep usaha tersebut menjadi tujuan belanja yang populer bagi kaum urban atau orang-orang yang peduli akan kualitas produk yang dibeli.

Demikian 15 ide usaha di ruko yang diprediksi masih menjadi tren di tahun 2024 ini yang bisa Anda coba.

Jika Anda membutuhkan ruko komersial yang strategis dan memiliki value yang baik untuk menjalankan usaha di ruko. Dwijaya Karya Development beserta Sinarmas Land meluncurkan properti ruko komersial Akasa Promenade

Letak ruko ini berada dikawasan Apartemen Akasa Pure Living, Apartemen Serpong Greenview dan lingkungan bisnis lainnya yang menjanjikan. 

Harga ruko mulai dari 1 milyar! Untuk informasi lanjut hubungi sales repsesentatif kami dengan menekan tombol WhatsApp dibawah ini.

Dwijaya Karya

Pengembang properti perumahan, apartemen, komplek komersial dan properti real estate lainnya yang terpercaya di Indonesia lebih dari 10 tahun.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker