Blog

Begini Cara Kerja One Gate System di Perumahan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Tinggal di perumahan dengan sistem keamanan yang baik merupakan dambaan banyak orang karena menawarkan ketenangan dan kenyamanan bagi para penghuninya. Dengan prosedur keamanan yang baik dapat membantu mengurangi risiko tindak kriminalitas seperti pencurian, perampokan, dan penculikan, sehingga menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif untuk hidup. 

Salah satu metode keamanan yang populer saat ini adalah one gate system, yang mana hanya terdapat satu pintu masuk dan keluar utama pada perumahan.

Pengertian One Gate System

One gate system atau sistem satu pintu, adalah sistem keamanan yang umum diterapkan di beberapa kompleks perumahan atau lingkungan tertutup. Pada dasarnya, sistem ini terdiri dari satu pintu masuk utama yang dilengkapi dengan berbagai macam teknologi keamanan, seperti kamera pengawas, alat pemindai kartu akses, atau yang lebih canggih lagi menggunakan sistem pengenal wajah.

Tujuan utama dari sistem ini adalah untuk mengontrol akses masuk dan keluar. Hanya orang-orang yang memiliki izin atau kartu akses yang valid yang diizinkan untuk memasuki lingkungan tersebut. Kondisi tersebut akan membantu meningkatkan keamanan dan privasi penghuni, serta mengurangi risiko kejahatan seperti pencurian atau tindak kriminal lainnya.

One gate system biasanya dikelola oleh pengelola perumahan atau asosiasi penghuni, dan mereka bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pengoperasian sistem tersebut. Sistem ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya bagi penghuni perumahan.

Kelebihan One Gate System

Di antara beberapa metode keamanan perumahan atau cluster, one gate system memiliki keunggulan dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Berikut beberapa keunggulan yang dapat Anda rasakan ketika tinggal di kompleks perumahaan yang menerapkan sistem satu pintu gerbang tersebut:

Keamanan yang lebih terjamin

Keamanan menjadi salah satu keuntungan utama dari one gate system. Dengan menggunakan hanya satu pintu masuk utama, penjagaan serta pengawasan terhadap siapa yang masuk dan keluar dari perumahan menjadi lebih mudah. Kondisi tersebut dapat membantu mengurangi risiko kejahatan di kawasan hunian seperti pencurian dan tindak kriminal lainnya.

Suasana yang lebih tenang dan nyaman

Dengan izin masuk yang terbatas dan lebih ketat, keramaian dan kebisingan dari luar perumahan dapat diminimalisir. Hal ini akan menciptakan suasana yang lebih tenang dan nyaman bagi para penghuni.

Selain itu, kondisi tersebut dapat menciptakan udara yang bersih, mengingat tidak akan banyak kendaraan keluar masuk ke dalam perumahan yang menjadikan jalan di perumahaan sebagai jalur alternatif kendaraan.

Nilai properti yang lebih tinggi

Kawasan perumahan dengan metode keamanan satu pintu utama cenderung memiliki nilai properti yang lebih tinggi. Sistem ini memberikan tambahan nilai dengan menawarkan tingkat keamanan yang lebih baik kepada penghuninya. Keamanan yang terjaga dengan baik merupakan faktor utama yang dicari oleh calon pembeli atau penyewa properti.

Selain itu, kehadiran fasilitas keamanan seperti kamera CCTV 24 jam dan kontrol akses yang terpusat juga menambah nilai properti tersebut. Dengan demikian, perumahan yang dilengkapi dengan sistem ini memiliki daya tarik yang lebih besar bagi pasar properti, yang pada gilirannya nanti dapat menyebabkan kenaikan nilai properti secara keseluruhan.

Sense of community yang lebih kuat

Perumahan dengan sistem gerbang tunggal memiliki potensi untuk menciptakan sense of community yang lebih kuat di antara penghuninya. Dengan adanya satu pintu masuk utama dan pengelolaan akses yang terpusat, penghuni cenderung lebih sering berinteraksi satu sama lain saat masuk atau keluar dari kompleks.

Selain itu, keamanan yang terjaga juga memungkinkan penghuni merasa lebih aman dan nyaman dalam beraktivitas di lingkungan tersebut, sehingga mereka akan lebih terbuka untuk berinteraksi dan membentuk hubungan dengan sesama tetangga. Misalnya aktivitas anak-anak penghuni bermain di taman, aktivitas olahraga dan lain-lain.

Kekurangan One Gate System Perumahan

Meskipun kehadiran sistem ini memiliki beberapa keuntungan dalam mengelola keamanan di lingkungan perumahan, sistem satu pintu gerbang juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang mungkin terkait dengan one gate system:

Akses yang terbatas

One gate system dapat membuat akses keluar masuk perumahan menjadi lebih terbatas. Situasi tersebut dapat menjadi masalah bagi para penghuni yang memiliki mobilitas tinggi atau sering keluar masuk perumahan.

Kepadatan pada jam-jam tertentu

Pada jam-jam sibuk seperti pagi dan sore hari, pintu masuk dan keluar perumahan dapat mengalami kemacetan karena kendaraan hanya dapat melalui satu pintu. Kondisi ini dapat membuat para penghuni merasa frustrasi dan terhambat aktivitasnya.

Biaya keamanan yang lebih tinggi

Penerapan keamanan dalam sebuah perumahan dengan sistem one gate umumnya membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem keamanan lainnya. Biaya ini biasanya ditanggung oleh para penghuni dalam bentuk iuran bulanan.

Ketergantungan pada petugas keamanan

Sistem pengamanan one gate system sangat bergantung pada kinerja petugas keamanan. Jika petugas keamanan tidak sigap atau profesional, maka keamanan perumahan dapat terancam.

Contoh Perumahan Dengan One Gate System

Perumahan Grand Almas Residence di Tigaraksa, merupakan perumahan yang menerapkan one gate system beserta pos penjagaan 24 jam. Sistem satu gerbang di perumahan tersebut dapat memberikan rasa nyaman bagi para penghuni rumah. 

One gate system perumahan
One gate system perumahan

Tamu yang akan memasuki perumahan harus menukarkan kartu identitas dengan kartu khusus pengunjung sebagai akses masuk ke area perumahan.

Dwijaya Karya

Pengembang properti perumahan, apartemen, komplek komersial dan properti real estate lainnya yang terpercaya di Indonesia lebih dari 10 tahun.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker