Blog

Apa Itu Conwood? Kelebihan Serta Kekurangannya Pada Desain Interior dan Eksterior

Conwood merupakan material bangunan inovatif yang terbuat dari campuran semen fiber selulosa. Material ini hadir sebagai alternatif pengganti kayu solid yang menawarkan berbagai keunggulan. Conwood secara inovatif menggabungkan keindahan, kekuatan dan daya tahan beton. Material ini cocok digunakan untuk desain interior maupun eksterior.

Apa yang Membedakan Conwood Dibandingkan Material Lain?

Dibandingkan dengan kayu solid dan lantai SPC, conwood memiliki beberapa keunggulan, misalnya material ini lebih tahan terhadap rayap, jamur, dan pembusukan dibandingkan kayu solid. Material conwood ideal untuk diaplikasi pada area yang lembab atau rentan terhadap serangan hama.

Keunggulan lain terletak pada daya tahan material tersebut. Bahan conwood terbuat dari bahan yang ramah lingkungan serta dapat didaur ulang, material ini memiliki kekuatan tarik dan tekan yang lebih tinggi dibandingkan kayu solid, sehingga lebih kokoh dan tahan lama.

Kelebihan lain, material conwood ini juga tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim, seperti hujan deras, sinar matahari terik, dan angin kencang. Meskipun demikian, material conwood ternyata mudah untuk dibersihkan dan dirawat.

Kelebihan dan Kekurangan Material Conwood

Conwood menawarkan banyak kelebihan sebagai alternatif pengganti kayu solid. Namun, perlu diingat bahwa conwood juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum mengaplikasikan material ini pada hunian atau proyek bangunan lainnya.

Berikut ini kelebihan serta kekurangan material conwood:

Kelebihan

1. Tahan Lama dan Awet

Conwood tidak rentan terhadap rayap dan jamur, karena terbuat dari semen berkualitas dan serat selulosa, bukan kayu. Selain itu bahan ini tahan terhadap perubahan cuaca ekstrem seperti hujan, panas, dan angin, tidak mudah memuai atau menyusut.

Material ini juga memiliki ketahanan terhadap api seperti material beton.

2. Praktis dan Mudah Dipasang

Pemasangan conwood tergolong mudah dan cepat, tidak memerlukan teknik rumit seperti kayu asli. Material ini bisa dipotong, dibor, dan dipaku dengan mudah menggunakan alat-alat pertukangan biasa.

3. Estetis dan Menawan

Conwood memiliki tampilan modern yang menyerupai kayu dengan tekstur dan corak yang beragam, memberikan kesan natural dan hangat pada bangunan.

Selain itu tampilan conwood tersedia dalam berbagai pilihan warna dan finishing, sehingga dapat disesuaikan dengan desain yang diinginkan.

4. Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Conwood terbuat dari bahan baku ramah lingkungan yang dapat didaur ulang, sehingga dapat meminimalisir limbah agar tidak mencemari lingkungan. Proses produksinya lebih hemat energi dibandingkan dengan produksi kayu asli.

5. Hemat Biaya

Harga conwood umumnya lebih murah dibandingkan kayu solid berkualitas tinggi. Perawatan conwood tergolong mudah dan murah, sehingga dapat menghemat biaya dalam jangka panjang.

Selain itu produk ini memiliki ketahanan yang lebih lama, sehingga meminimalkan biaya penggantian material.

Kekurangan

1. Kurang Tahan Gores dan Benturan

Meskipun material ini kuat terhadap berbagai cuaca dan api, namun conwood ternyata lebih mudah tergores oleh benda-benda tajam, serta rawan terhadap benturan.

2. Bobot Lebih Berat

Material conwood juga memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan kayu biasa, sehingga perlu dipertimbangkan saat proses pemasangan, terutama untuk struktur bangunan yang tinggi. Pastikan struktur bangunan kokoh dan kuat untuk menahan bobot material ini.

3. Kurang Fleksibel

Kelemahan lain terletak pada fleksibilkitas yang tidak sefleksibel kayu, conwood tidak mudah dibentuk melengkung atau diukir dengan rumit. Kondisi tersebut membatasi penggunaannya pada desain tertentu yang membutuhkan bentuk yang rumit.

Jenis-jenis Conwood

Di Indonesia, conwood tersedia dalam berbagai jenis dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing. Berikut beberapa jenis conwood yang umum ditemukan:

1. Conwood Lap Siding

Contoh Conwood Lap Siding
Contoh Conwood Lap Siding

Jenis conwood ini dapat dipakai pada berbagai aplikasi desain, seperti panel dinding, plafon, dan dekorasi. Conwood board memiliki permukaan yang rata dan halus, sehingga mudah dicat dan dilapisi.

2. Conwood Board

Conwood board untuk dekorasi dinding
Conwood board untuk dekorasi dinding

Jenis conwood ini dapat dipakai pada berbagai aplikasi desain, seperti panel dinding, plafon, dan dekorasi. Conwood board memiliki permukaan yang rata dan halus, sehingga mudah dicat dan dilapisi.

3. Conwood Decorative Deck

Decorative conwood deck untuk kolam renang
Decorative conwood deck untuk kolam renang

Jenis conwood yang berikut ini khusus dirancang untuk penggunaan lantai untuk area outdoor, contohnya dekorasi taman, untuk area pinggir kolam renang, lantai balkon, teras, gazebo, atau area rooftop.

4. Conwood Plank

Contoh aplikasi conwood plank pada ruangan
Contoh aplikasi conwood plank pada ruangan

Jenis berikut ini dapat digunakan untuk berbagai aplikasi desain outdoor dan indoor, seperti dinding, langit-langit, dan dekorasi lainnya. Teksturnya lebih halus dan beragam, termasuk motif kayu, polos, dan batu, serta memiliki beragam ukuran dan bentuk, termasuk papan panjang, papan pendek, dan panel.

5. Conwood Eave

Conwood eave pada atap rumah
Conwood eave pada atap rumah

Conwood Eave merupakan produk panel semen dekoratif yang didesain khusus untuk aplikasi pada soffit atau overhang atap. Fungsinya untuk menutupi celah antara atap dan dinding, sehingga dapat melindungi bangunan dari air hujan dan kotoran.

6. Conwood Lath

Yang berikut ini merupakan solusi panel dekoratif yang kuat dan tahan lama. Material ini dirancang untuk meningkatkan estetika dinding dan langit-langit indoor maupun outdoor.

Conwood Lath memiliki tekstur serat kayu alami dan tersedia dalam berbagai warna untuk melengkapi berbagai gaya desain.

7. Conwood Moulding

Conwood mould merupakan lis dekoratif yang terbuat dari bahan yang menyerupai kayu tapi tahan lama. Material ini biasanya digunakan untuk menutupi celah antara dinding dan lantai, atau membuat bingkai pada pintu dan jendela.

Selain fungsi utamanya tersebut, conwood jenis ini juga dapat menambah nilai estetika pada ruangan.

8. Conwood Sunshade

Conwood sunshade melindungi dari sengatan matahari langsung
Contoh pengaplikasian conwood sunshade

Conwood sunshade merupakan cara apik untuk meredam panas matahari dan memberikan tampilan estetis pada rumah. Contoh aplikasi conwood untuk outdoor yang tahan terhadap sengatan matahari antara lain, dapat digunakan sebagai penutup jendela untuk meredam panas matahari dan memberikan privasi.

Selain itu dapat juga digunakan sebagai fasad untuk memberikan tampilan estetis dan modern pada rumah, atau digunakan sebagai kanopi untuk melindungi teras dan area luar ruangan yang tidak ingin terkena sinar matahari langsung.

Dwijaya Karya

Pengembang properti perumahan, apartemen, komplek komersial dan properti real estate lainnya yang terpercaya di Indonesia lebih dari 10 tahun.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker