Blog

11 Ide Desain Pagar Rumah Tingkat Minimalis

Memiliki rumah tingkat minimalis yang indah dan aman merupakan impian banyak orang. Salah satu elemen penting yang dapat meningkatkan keamanan dan estetika rumah tingkat minimalis adalah pagar.

Pagar rumah tingkat minimalis tidak hanya berfungsi sebagai pengaman, tetapi juga dapat menjadi elemen dekorasi yang mempercantik tampilan rumah. Dengan banyaknya pilihan bentuk pagar rumah tingkat minimalis yang tersedia, menemukan pagar yang tepat untuk hunian Anda bisa menjadi hal yang membingungkan.

Artikel ini akan membantu Anda memberikan ide dalam menentukan pagar rumah tingkat minimalis yang tepat, beserta tips-tips penting lainnya!

11 Rekomendasi Ide Desain Pagar Rumah Minimalis

Berikut ide model pagar rumah minimalis modern yang bisa Anda tiru sebagai inspirasi dalam mempercantik tampilan eksterior rumah Anda:

1. Pagar besi minimalis dengan garis-garis lurus sederhana

Pagar besi model garis-garis untuk rumah tingkat minimalis
Pagar besi model garis-garis untuk rumah tingkat minimalis

Kelebihan utama desain ini adalah estetikanya yang elegan dan bersih, yang mampu mempercantik tampilan rumah tanpa berlebihan. Garis-garis yang bersih dan minimalis menciptakan kesan rapi dan modern. 

Pagar dengan bahan besi yang kokoh dan tahan lama memudahkan dalam perawatan. Selain itu, pagar besi juga relatif terjangkau dibandingkan dengan jenis pagar lainnya.

Desain pagar besi garis-garis lurus cocok untuk berbagai gaya arsitektur rumah dengan konsep minimalis yang clean dan rapi.

2. Pagar kayu minimalis dengan sentuhan natural

Model pagar rumah tingkat minimalis dengan sentuhan kayu
Model pagar rumah tingkat minimalis dengan sentuhan kayu

Pagar rumah sederhana tapi cantik dengan sentuhan kayu menawarkan beberapa keuntungan menarik. Pertama, estetika alami kayu memberikan kesan hangat dan ramah pada rumah. 

Tekstur dan warna kayu yang beragam menghadirkan nuansa alam yang menenangkan dan menyegarkan, cocok untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman dan harmonis.

Kedua, desain minimalisnya membuat pagar kayu mudah dipadukan dengan berbagai gaya arsitektur rumah, mulai dari modern hingga rumah sederhana atau tradisional. 

Kesederhanaan pada desainnya juga memberikan kesan rapi dan elegan, sekaligus fungsional serta dapat dirawat dengan mudah.

Ketiga, material kayu merupakan bahan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, menjadikannya pilihan yang ideal bagi mereka yang peduli terhadap lingkungan.

3. Pagar tembok beton minimalis dengan desain modern

Model rumah dengan pagar beton modern minimalis
Model rumah dengan pagar beton modern minimalis

Pagar model tembok beton terkenal akan kekuatan dan ketahanannya yang luar biasa, sehingga mampu melindungi rumah Anda dari berbagai potensi kerusakan dan gangguan keamanan rumah. Desain minimalisnya menghadirkan tampilan yang clean, rapi, dan elegan, cocok untuk mempercantik fasad rumah modern.

Pagar beton juga memiliki sifat tahan api dan tahan cuaca, sehingga sangat ideal untuk berbagai kondisi iklim. Perawatannya pun terbilang mudah dan tidak memerlukan banyak waktu ataupun biaya.

Selain itu, material pagar jenis beton relatif lebih hemat dalam biaya perawatan dibandingkan dengan jenis pagar lainnya, seperti kayu atau besi, apalagi untuk pemakaian dalam jangka panjang.

Pagar dengan material beton memiliki masa pakai yang lebih lama dan membutuhkan perawatan yang minimal.

4. Pagar kombinasi besi dan kayu

Pagar berbahan besi dan kayu
Pagar berbahan besi dan kayu

Perpaduan pagar kombinasi besi dan kayu menghasilkan tampilan yang unik dan menarik. Kesederhanaan besi berpadu dengan kealamian kayu, menciptakan gaya modern yang elegan dan serasi dengan berbagai gaya arsitektur rumah.

Pagar kombinasi ini dapat didesain dengan berbagai variasi, menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda. 

5. Pagar dengan motif laser cutting

Tampilan pagar rumah dengan motif laser cutting
Tampilan pagar rumah dengan motif laser cutting

Inspirasi pagar rumah tingkat minimalis berikutnya yakni motif laser cutting. Jenis pagar rumah ini umumnya terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan lama, seperti baja, besi, atau aluminium.

Motif laser cutting yang presisi dan rumit menghasilkan tampilan pagar rumah yang unik, elegan, dan penuh gaya. Keindahan desainnya mampu meningkatkan estetika desain rumah.

Motif laser cutting dapat dibuat dengan berbagai macam desain, mulai dari pola klasik, natural, modern, hingga futuristik. Anda dapat memilih motif yang sesuai dengan gaya rumah atau selera penghuninya.

6. Pagar roster

Contoh pagar rumah menggunakan roster
Contoh pagar rumah menggunakan roster

Rekomendasi pagar minimalis selanjutnya adalah pagar roster. Pagar ini cocok untuk rumah minimalis yang memiliki area yang lebih kecil dan memerlukan ventilasi yang baik.

Pagar roster memungkinkan cahaya alami dan udara segar masuk ke dalam rumah, sehingga membantu menciptakan suasana yang terang, sejuk, dan nyaman.

7. Pagar tanaman

Contoh area depan rumah dengan pagar tanaman
Contoh area depan rumah dengan pagar tanaman

Pagar tanaman dapat menciptakan pagar hidup yang indah dan memberikan kesegaran pada area depan rumah. Keindahan daun dan bunga tanaman dapat meningkatkan nilai estetika sebuah hunian dan menciptakan suasana yang asri dan menyejukkan.

Menciptakan pagar tanaman yang ditanam dengan rapat dapat memberikan privasi yang cukup bagi penghuni rumah. Tanaman yang tinggi dan lebat dapat menghalangi pandangan dari luar dan memberikan rasa aman dan nyaman.

Selain itu, tanaman memiliki kemampuan untuk menyerap polutan dan menghasilkan oksigen, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah Anda. 

8. Model pagar bambu

Konsep hunian minimalis dengan pagar bambu
Konsep hunian minimalis dengan pagar bambu

Material bambu mudah dibentuk dan diolah, sehingga memungkinkan dibuat menjadi berbagai desain dan gaya, selain itu memasang pagar bambu juga terbilang mudah. Pintu pagar ini cocok untuk rumah bergaya pedesaan.

Ukuran pagar yang dapat diatur kemudian dipasang secara rapat dapat memberikan privasi yang cukup karena dapat menghalangi pandangan dari luar.

Memilih desain pagar rumah dengan bambu merupakan pilihan yang hemat. Dibandingkan dengan pagar lain, bambu umumnya lebih murah dan mudah didapatkan.

9. Pagar dengan material batu alam

Pagar dengan tembok batu alam
Pagar dengan tembok batu alam

Rekomendasi desain pagar berikutnya adalah model pagar tembok dengan material batu alam. 

Material batu alam pada pagar umumnya membutuhkan perawatan minimal. Batu alam tidak mudah lapuk atau berkarat, sehingga tidak perlu sering dicat ulang atau menggantinya. Cukup dengan membersihkannya secara berkala untuk menjaga keindahannya.

10. Pagar besi berlubang

Contoh desain pagar besi berlubang rumah minimalis
Contoh desain pagar besi berlubang rumah minimalis

Inspirasi pagar rumah tingkat minimalis berikutnya yang bisa Anda coba yaitu penggunaan pagar berbahan besi berlubang. Pagar besi ini cocok untuk hunian dengan konsep minimalis yang dapat meningkatkan estetika rumah.

11. Pagar lipat

Pagar lipat dari bahan metal
Pagar lipat dari bahan metal

Pagar lipat tidak memerlukan ruang ayun seperti pagar konvensional, sehingga ideal untuk rumah dengan lahan terbatas. 

Pagar ini dapat dibuka sebagian atau seluruhnya, memberikan fleksibilitas dalam mengontrol akses ke halaman rumah serta dapat menghemat ruang pada halaman depan rumah Anda. 

Selain itu pagar ini dapat dilengkapi dengan kunci dan mekanisme penguncian lainnya untuk meningkatkan keamanan rumah Anda. 

Tips Memilih Pagar Rumah Tingkat Minimalis

Memiliki pagar rumah yang tepat akan meningkatkan keamanan, estetika, dan nilai properti rumah Anda. Berikut tips dalam menentukan pagar rumah tingkat minimalis yang tepat untuk hunian Anda.

Pertimbangkan faktor keamanan

Menentukan pagar rumah minimalis tidak hanya tentang estetika pada eksterior rumah, tetapi juga tentang keamanannya. Pastikan pagar cukup kokoh dan tinggi untuk mencegah pencurian dan masuknya orang asing.

Gunakan kunci pagar yang kuat dan berkualitas tinggi. Hindari kunci yang mudah dibobol, seperti gembok kecil atau kunci plastik.

Pertimbangkan untuk menambahkan sistem keamanan tambahan, seperti CCTV atau alarm, untuk meningkatkan keamanan hunian Anda.

Pilih desain yang sesuai dengan gaya rumah

Pagar minimalis tersedia dalam berbagai desain yang dapat disesuaikan dengan gaya hunian atau konsep rumah, misalnya modern minimalis, klasik, kontemporer, tradisional, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa contohnya:

  • Rumah dengan model minimalis yang memiliki fasad putih cocok dengan pagar besi berwarna hitam.
  • Rumah tradisional dengan fasad kayu cocok dengan pagar kayu dengan ukiran.
  • Rumah bergaya Skandinavia dengan fasad abu-abu cocok dengan pagar beton berwarna putih.
  • Rumah bohemian dengan fasad berwarna-warni cocok dengan pagar besi dengan ornamen tanaman.
  • Rumah industrial dengan fasad bata ekspos cocok dengan pagar besi berwarna hitam.

Perhatikan material pagar

Bahan baku pagar yang kokoh dan tahan lama dapat membantu melindungi rumah dari pencuri dan penyusup. Pagar yang terbuat dari material yang mudah dirusak, seperti kayu tipis atau plastik, tidak akan memberikan keamanan yang memadai.

Selain itu pagar yang tahan terhadap cuaca dan kondisi luar ruangan dapat bertahan lebih lama dan tidak mudah rusak. Pagar yang terbuat dari bahan yang tidak tahan lama, seperti kayu yang tidak dilapisi, akan mudah lapuk dan keropos.

Sesuaikan anggaran

Memilih pagar hunian minimalis juga harus mempertimbangkan anggaran keuangan. Pagar dapat berkisar dari yang murah hingga yang sangat mahal, tergantung pada material, desain, dan kompleksitas pemasangannya.

Pilihlah pagar yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan. Misalnya pagar yang mudah dibersihkan dan dirawat cenderung akan menghemat waktu dan biaya perawatan.

Demikian artikel ini dibuat. Semoga artikel kali ini dapat memberikan informasi bermanfaat serta inspirasi bagi Anda yang sedang mencari tipe pagar yang sesuai untuk hunian.

Jangan lupa kunjungi halaman inspirasi untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia properti Tanah Air!

Dwijaya Karya

Pengembang properti perumahan, apartemen, komplek komersial dan properti real estate lainnya yang terpercaya di Indonesia lebih dari 10 tahun.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker