Blog

Ini Dia 14 Jenis Gudang Berdasarkan Karakteristik dan Fungsinya

Gudang adalah bangunan atau tempat yang digunakan untuk menyimpan barang. Fungsi gudang sangat penting bagi pelaku usaha, gudang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang, mulai dari bahan baku produksi, barang setengah jadi, hingga barang jadi yang siap dijual. Gudang merupakan bagian penting dari rantai pasokan dalam berbagai industri, termasuk manufaktur, distribusi, e-commerce, dan lainnya.

Dalam dunia industri dan logistik, terdapat beragam jenis gudang yang berbeda, masing-masing disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dari barang yang disimpan dan proses operasional perusahaan. Berikut adalah jenis-jenis gudang yang umum dijumpai di Indonesia:

Jenis-Jenis Gudang Berdasarkan Kepemilikan

Jenis-jenis gudang dari segi kepemilikan dapat dibagi menjadi 2 kategori berdasarkan siapa yang memiliki atau mengoperasikan gudang tersebut. Berikut adalah jenis gudang menurut kepemilikan:

Gudang Publik atau Umum

Gudang umum adalah tempat yang bisa disewa untuk menyimpan barang. Gudang ini bisa disewa untuk kebutuhan pendistribusian barang dalam batas waktu tertentu. Jenis gudang ini biasanya digunakan dalam jangka pendek. Gudang umum bisa dipakai untuk menyimpan stok barang yang dijual online. Pengusaha kecil yang belum punya tempat penyimpanan sendiri bisa menyewa gudang umum.

Beberapa keuntungan ketika memakai gudang umum antara lain, Anda tidak perlu membeli atau membangun gudang sendiri. Kemudian tidak perlu repot mengurus keamanan dan kebersihan gudang. Selain itu barang-barang dapat disimpan di tempat yang aman dan terjaga.

Gudang umum adalah solusi yang tepat untuk menyimpan barang dengan aman dan praktis. Cocok untuk berbagai kalangan, mulai dari pengusaha kecil, menengah, hingga pengusaha besar.

Gudang Pribadi (Private)

Gudang private adalah gudang yang dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan atau individu untuk menyimpan barang-barang mereka sendiri. Berbeda dengan gudang umum yang disewakan kepada pihak lain, gudang privat memberikan kontrol penuh kepada pemiliknya atas barang yang disimpan, kontrol terhadap akses dan keamanan, serta sistem manajemen gudang atau warehouse management system sesuai kebutuhan.

Keuntungan pemilik usaha dalam menggunakan gudang privat antara lain memiliki kontrol penuh atas keamanan dan akses ke gudang. Fungsi gudang dapat disesuaikan spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi operasional. Selain itu perusahaan dapat menghemat biaya dalam jangka panjang.

Gudang Berikat

Gudang yang dimiliki atau dikelola oleh pemerintah dan swasta ini merupakan fasilitas penyimpanan khusus yang biasanya terletak di pelabuhan atau bandara. Fungsi gudang ini digunakan untuk menyimpan barang impor yang belum dikenakan bea cukai atau pajak ekspor-impor.

Barang-barang ekspor-impor akan disimpan di gudang berikat hingga proses bea cukai atau pajak selesai diproses. Hal ini akan memungkinkan bagi pemilik barang untuk menunda pembayaran bea cukai atau pajak hingga barang siap untuk didistribusikan atau diproses lebih lanjut.

Jenis Gudang Berdasarkan Karakteristik Kebutuhan Pelaku Usaha

Memahami kebutuhan pelaku usaha adalah kunci dalam merancang dan mengelola gudang dengan efisien. Dengan memilih jenis gudang yang sesuai dengan kebutuhan mereka, pelaku usaha dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Berikut ini adalah beberapa kategori gudang menurut kebutuhan pelaku usaha:

Gudang Dingin (Cold Storage)

Gudang dingin adalah fasilitas penyimpanan barang yang dirancang khusus untuk menyimpan barang-barang yang memerlukan suhu terkontrol. Gudang ini sering digunakan untuk menyimpan makanan beku, produk susu, obat-obatan, dan bahan kimia lainnya yang memerlukan suhu rendah dan terkendali.

Terdapat dua jenis cold storage yang umum ditemukan, antara lain chilled room yang memiliki suhu antara 1°C hingga 7°C. Cocok untuk menyimpan buah-buahan, sayur-sayuran, dan produk susu. Yang kedua, frozen room dengan kontrol suhu antara -18°C hingga -25°C. Cocok untuk menyimpan daging, ikan, dan obat-obatan.

Keuntungan menggunakan gudang dingin dapat menjaga kesegaran barang dan lebih tahan lama, serta dapat membantu mencegah kerusakan barang akibat bakteri dan jamur. Selain itu, cold storage dapat membantu menjaga kualitas dan rasa makanan.

Biaya penyimpanan di gudang dingin bervariasi tergantung pada beberapa faktor, misalnya jenis barang yang disimpan, jenis barang yang membutuhkan suhu lebih rendah akan dikenakan biaya lebih tinggi. Kemudian lama waktu penyimpanan serta ukuran ruangan juga dapat mempengaruhi besarnya biaya yang dikeluarkan.

Gudang Bahan Baku

Gudang untuk menyimpan bahan mentah sebelum digunakan dalam proses produksi. Gudang ini umumnya memiliki kapasitas besar di mana bahan-bahan seperti kayu, logam, kain, atau plastik disimpan dalam jumlah besar.

Perusahaan menggunakan gudang bahan baku untuk memastikan bahwa mereka memiliki pasokan yang cukup untuk memulai produksi ketika dibutuhkan. Gudang ini memainkan peran penting dalam supply chain management karena menyediakan bahan mentah yang diperlukan untuk membuat produk akhir. Selain itu gudang ini biasanya berdekatan dengan gudang produksi.

Gudang Hasil Produksi

Gudang barang jadi berfungsi sebagai gudang penyimpanan barang yang sudah selesai diproduksi dan disimpan sebelum dikirim ke pelanggan, toko-toko atau pemasok. Misalnya barang hasil produksi seperti pakaian, peralatan elektronik, dan barang-barang lain yang siap jual dalam kapasitas besar. 

Gudang ini membantu perusahaan menjaga persediaan produk mereka agar tetap tersedia untuk memenuhi permintaan pelanggan. Ketika ada pesanan, produk tersebut dapat diambil dari gudang dan dikirim ke tujuan akhirnya.

Gudang Logistik

Gudang logistik adalah fasilitas yang digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan mendistribusikan barang dalam supply chain. Jenis gudang ini memainkan peran penting dalam memastikan kelancaran dan efisiensi pergerakan barang dari produsen ke konsumen.

Fungsi utama gudang ini antara lain menyediakan tempat yang aman dan terorganisir sebagai gudang penyimpanan untuk berbagai jenis barang. Gudang ini juga biasanya menggunakan sistem dan teknologi untuk melacak dan mengelola pergerakan barang.

Gudang logistik dapat membantu meningkatkan efisiensi supply chain dengan mengurangi waktu dan biaya penyimpanan dan distribusi. Dengan sistem dan teknologi perusahaan dapat memastikan akurasi pemesanan dan pengiriman barang, sehingga dapat membantu meningkatkan layanan pelanggan dengan memastikan pengiriman barang yang cepat dan tepat waktu.

Gudang Transit

Gudang transit adalah fasilitas penyimpanan sementara yang digunakan untuk menyimpan barang atau kargo selama periode waktu yang singkat dalam perjalanan mereka dari sumber ke tujuan akhir. Lokasi gudang ini biasanya terletak di wilayah strategis, seperti pelabuhan, bandara, atau pusat distribusi, yang sering menjadi titik transit bagi barang-barang yang sedang dalam proses pengiriman.

Gudang transit memainkan peran penting dalam mendukung aliran barang dan penyaluran dalam rantai pasokan global. Dengan memberikan fasilitas penyimpanan sementara yang efisien dan efektif, gudang transit membantu memastikan kelancaran perjalanan barang dari sumber hingga tujuan akhir mereka.

Gudang Distribusi

Gudang distribusi adalah tempat di mana barang-barang disimpan sebelum didistribusikan ke lokasi tujuan akhir. Gudang ini menjadi pusat logistik di mana barang-barang dari berbagai tempat dikumpulkan dan diatur sebelum dikirim ke toko atau pelanggan.

Gudang distribusi membantu memastikan bahwa barang-barang sampai tepat waktu dan dalam kondisi baik kepada pelanggan, serta membantu perusahaan mengelola inventaris mereka dengan efisien.

Gudang Penyimpanan

Gudang penyimpanan merupakan tempat yang berfungsi untuk menyimpan barang dalam jangka panjang. Gudang ini berbeda dengan gudang logistik yang fokus pada pengelolaan dan penyaluran barang.

Fungsi utama gudang ini untuk menyediakan tempat yang aman dan terorganisir untuk menyimpan berbagai tipe barang dalam jangka panjang. Gudang ini dilengkapi dengan keamanan dan sistem proteksi untuk melindungi barang dari kerusakan, kehilangan, atau pencurian. Selain itu gudang ini menggunakan teknologi pengaturan suhu, kelembabab dan pencahayaan guna membantu menjaga kualitas barang yang disimpan.

Cross-docking

Cross-docking merupakan lokasi di mana barang-barang dari satu truk atau kendaraan langsung dipindahkan ke kendaraan pengangkutan lainnya tanpa disimpan dalam waktu yang lama di gudang. Praktik ini memiliki konsep Just-In-Time (JIT).

Tujuan utama cross-docking untuk meminimalkan penyimpanan barang di gudang, sehingga mengurangi biaya overhead dan risiko kerusakan barang. Selain itu dapat mempercepat proses penyaluran barang kepada pelanggan atau tujuan akhir, sehingga dapat meningkatkan efisiensi keseluruhan supply chain dengan mengurangi waktu dan biaya yang terkait penyimpanan.

Gudang Konsolidasi

Gudang konsolidasi adalah gudang di mana barang-barang dari berbagai sumber dikumpulkan dan digabungkan menjadi satu pengiriman besar sebelum dikirim ke tujuan akhir. Manfaat utama dari gudang ini seperti pusat pengumpulan di mana barang-barang dari berbagai tempat dikumpulkan untuk dikirim bersama-sama. 

Tujuannya adalah untuk menggabungkan pengiriman ke satu tempat agar pengiriman menjadi lebih efisien dan biaya pengiriman dapat ditekan. Gudang konsolidasi membantu mengurangi biaya pengiriman dan mempermudah proses logistik untuk perusahaan.

Gudang Automated Storage and Retrieval System (ASRS)

Jenis gudang modern yang menggunakan sistem otomatis untuk menyimpan dan mengambil barang. Gudang otomatis ini mirip dengan gudang penyimpanan biasa pada umumnya, tetapi dilengkapi dengan teknologi canggih seperti robot atau sistem otomatis lainnya untuk mengatur dan mengelola persediaan.

Ketika menerima barang masuk, sistem otomatis akan menyimpannya secara efisien, dan ketika diperlukan, sistem akan mengambil barang tersebut dengan cepat. Hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi penyimpanan dan pengambilan barang dalam operasi gudang.

Gudang Musiman

Gudang ini berfungsi sebagai penyimpanan khusus yang digunakan untuk menyimpan barang-barang atau produk yang hanya diperlukan pada musim tertentu atau periode waktu tertentu. Contohnya adalah gudang yang digunakan untuk menyimpan dekorasi Natal, peralatan musim dingin, atau produk-produk yang berkaitan dengan liburan tertentu. 

Gudang ini memungkinkan perusahaan atau individu untuk menyimpan barang-barang musiman dengan rapi dan aman hingga dibutuhkan pada saat yang tepat, sehingga memudahkan dalam manajemen inventaris dan pengelolaan ruang penyimpanan sepanjang tahun.

Demikian informasi mengenai jenis-jenis gudang yang memiliki berbagai manfaat sesuai dengan karakteristik dan fungsinya masing-masing.

Jika Anda sedang mencari gudang modern dengan lokasi yang strategis. Dwijaya Karya Development melalui produk T-One Business menawarkan fasilitas pergudangan modern di Makassar. Lokasi gudang sangat strategis dekat pelabuhan dan bandara internasional yang dapat menjadi penghubung distribusi logistik dari barat Indonesia hingga ke timur.

 

Dwijaya Karya

Pengembang properti perumahan, apartemen, komplek komersial dan properti real estate lainnya yang terpercaya di Indonesia lebih dari 10 tahun.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker