Blog

Fully Furnished, Semi Furnished atau Unfurnished? Ini Perbedaanya!

Memilih hunian apartemen, baik untuk membeli maupun sewa, merupakan keputusan besar yang perlu pertimbangan matang. Salah satu aspek penting yang perlu dipertimbangkan adalah tingkat kelengkapan furnitur di dalam apartemen tersebut.

Istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan tingkat kelengkapan furnitur antara lain fully furnished, semi furnished, dan unfurnished. Masing-masing istilah memiliki arti dan karakteristik yang berbeda, sehingga penting untuk memahaminya sebelum memutuskan pilihan hunian yang tepat.

Pengertian Fully Furnished, Semi Furnished, dan Unfurnished

Fully furnished merupakan istilah dalam dunia properti yang mengacu pada sebuah hunian yang dilengkapi dengan furnitur dan peralatan yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.

Furnitur yang disediakan umumnya meliputi tempat tidur dan kasur, lemari pakaian, sofa, meja, meja makan dan kursi. Kemudian ada pula perabotan dapur, seperti kompor, kulkas, mesin cuci, lampu, kipas angin, atau AC.

Dengan membeli atau menyewa apartemen fully furnished, kita tidak perlu repot membeli perabotan, sehingga calon penghuni dapat langsung tinggal dengan nyaman tanpa perlu menunggu lama.

Kondisi tersebut mungkin akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki kesibukan, tidak memiliki waktu untuk mencari dan membeli furniture, serta ingin memiliki hunian yang praktis dan siap ditinggali. 

Apartemen full furnish siap huni
Apartemen full furnish siap huni

Untuk pengertian semi-furnished sendiri yakni kondisi hunian yang dilengkapi dengan beberapa furnitur dasar, namun tidak selengkap fully furnished. Furnitur yang disediakan umumnya meliputi tempat tidur, lemari baju, dan AC.

Terkadang, hunian jenis ini juga dilengkapi dengan beberapa perabotan lain, seperti sofa, meja makan, dan peralatan dapur dasar.

Memilih apartemen semi-furnished memberikan fleksibilitas dalam menambahkan furnitur sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Kondisi ini cocok bagi Anda yang sudah memiliki perabotan sendiri yang ingin dibawa, atau ingin mendekorasi hunian sesuai dengan kebutuhan dan selera pribadi, namun memiliki anggaran terbatas untuk membeli perabotan rumah tangga.

Bagaimana dengan jenis apartemen unfurnished? Membeli properti apartemen dengan tipe unfurnished artinya unit apartemen tersebut tidak menyediakan perabotan apa pun. Kita harus membeli semua perlengkapan interior dan rumah tangga untuk ditempati.

Memilih hunian jenis ini memberikan Anda kebebasan penuh untuk memilih perabotan sesuai dengan gaya, preferensi dan kebutuhan penghuninya.

Perbedaan Fully Furnished, Semi-Furnished, dan Unfurnished

FiturFully FurnishedSemi FurnishedUnfurnished
Furniture:Dilengkapi dengan perabotan lengkapSebagian lengkapTidak ada furnitur dan perlengkapan rumah
Contoh furniture:Tempat tidur, kasur, lemari pakaian, sofa, meja, kursi, perabotan dapur, lampu, kipas angin, ACTempat tidur, lemari baju, AC (kadang-kadang)-
Kecocokan:Cocok untuk orang yang sibuk, baru pindah, atau menginginkan hunian praktisCocok untuk orang yang sudah memiliki beberapa perabotan sendiri, ingin mendekorasi sesuai gaya pribadiCocok untuk orang yang ingin mendesain interior secara keseluruhan sesuai preferensi pribadi
Kelebihan:Praktis, siap huniFleksibel, dapat menambahkan sesuai selera dan kebutuhanBebas memilih dan menata interior sesuai keinginan
Kekurangan:Harga sewa atau beli lebih mahalMemerlukan waktu dan usaha untuk membeli perlengkapanHarga sewa atau beli unit apartemen lebih murah, namun memerlukan biaya tambahan untuk membeli semua perlengkapan rumah

Pertimbangankah Hal Lain dalam Memilih Apartemen

Pilihan antara apartemen fully furnished, semi-furnished, dan unfurnished tergantung pada kebutuhan dan pilihan gaya pribadi. Selain tingkat kelengkapan, ada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih apartemen, seperti:

Lokasi

Pilihlah apartemen yang terletak di lokasi yang strategis dan mudah diakses. Misalnya apartemen di BSD Serpong, sebuah kawasan mandiri dan modern yang kini sudah masuk kedalam daftar proyek strategis nasional.

Fasilitas

Fasilitas di apartemen bukan hanya pelengkap, tetapi berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup penghuninya.

Fasilitas seperti kolam renang, gym, taman, dan area bermain anak-anak dapat meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan nilai investasi apartemen.

Selain itu, fasilitas bersama juga dapat membantu membangun komunitas yang positif dan meningkatkan daya tarik apartemen bagi calon pembeli atau penyewa.

Harga

Penting untuk melakukan riset pasar dan membandingkan harga apartemen di lokasi yang sama sebelum mengambil keputusan. Pastikan Anda memilih apartemen dengan harga yang sesuai dengan kemampuan finansial.

Anda juga bisa mengajukan cicilan KPA apartemen untuk memudahkan proses pembelian. 

Ukuran

Pilihlah apartemen dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Ukuran apartemen yang sesuai dengan jumlah penghuni akan memberikan rasa nyaman dan ruang gerak yang cukup untuk beraktivitas.

Suasana

Pertimbangkan suasana lingkungan sekitar apartemen. Suasanya yang nyaman dan bebas polusi dapat meningkatkan kualitas hidup para penghuni.

Request brosur apartemen fully furnished

Demikian ulasan mengenai perbedaan antara full furnished, semi-furnished, dan unfurnished. Temukan berbagai tipe apartemen yang sesuai dengan kriteria hanya di Dwijaya Karya Development.

Dwijaya Karya

Pengembang properti perumahan, apartemen, komplek komersial dan properti real estate lainnya yang terpercaya di Indonesia lebih dari 10 tahun.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker