Blog

Manfaatkan Ruang Terbatas Membangun Walk in Closet Sederhana dan Minimalis

Memiliki ruang ganti pribadi di rumah bagaikan mimpi yang menjadi kenyataan. Bayangkan, kita bisa memilih pakaian dengan leluasa tanpa terburu-buru, merapikan penampilan di cermin besar, dan menyimpan semua koleksi fashion dengan rapi. Impian ini bisa terwujud dengan membangun walk in closet.

Pengertian Walk in Closet

Walk in closet berbeda dengan lemari pakaian pada umumnya. Walk in closet merupakan sebuah ruangan khusus untuk menyimpan pakaian, sepatu, aksesoris, dan perlengkapan fashion lainnya. Ruangan ini biasanya memiliki luas yang cukup untuk bergerak leluasa, sehingga kita dapat memilih pakaian dengan nyaman.

Apa Beda Wardrobe dan Walk in Closet?

Wardrobe dan walk in closet memiliki fungsi yang sama untuk penyimpanan pakaian, namun berbeda dalam hal ukuran, desain, dan aksesibilitas.

Wardrobe umumnya berukuran lebih kecil seperti lemari pakaian biasa, dengan desain lemari berdiri atau built-in dan pintu ayun/geser. Fungsinya cocok untuk menyimpan pakaian sehari-hari dalam jumlah tidak terlalu banyak.

Sedangkan walk in closet memiliki ukuran yang lebih luas layaknya ruangan kecil. Desainnya berupa ruangan khusus yang bisa dimasuki untuk memilih pakaian, serta dilengkapi dengan pintu masuk terbuka atau pintu geser lebar.

Fungsi penyimpanan pada walk in closet lebih luas, selain menyimpan baju atau pakaian, ruangan ini dapat digunakan untuk menyimpan sepatu, aksesoris, tas, dan barang lain.

Walk in closet juga seringkali dilengkapi dengan area khusus untuk berdandan, seperti cermin dan meja rias.

Manfaat Walk in Closet

Memiliki walk-in closet menawarkan banyak manfaat, antara lain dapat mengatur penataan koleksi pakaian dan aksesoris, sepatu, dan barang lainnya dengan leboh rapi, sehingga dapat mudah ditemukan ketika dibutuhkan.

Dengan ruang yang luas dan pencahayaan yang baik, kita dapat memilih pakaian dengan lebih mudah dan cepat, tanpa perlu mengacak-acak lemari, sehingga dapat menghemat waktu ketika dalam kondisi bersiap-siap karena semua yang dibutuhkan ada pada satu tempat.

Selain itu, walk in closet yang dirancang dengan indah dapat meningkatkan nilai estetika rumah.

Tips Membangun Walk-in Closet

Membangun walk-in closet membutuhkan perencanaan yang matang. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

Tentukan lokasi

Lokasi walk-in closet sangat penting untuk dipertimbangkan karena akan mempengaruhi aksesibilitas, fungsionalitas, dan estetika ruangan. Kamar tidur merupakan lokasi yang paling umum dan ideal untuk membuat walk in closet.

Ukur luas ruangan

Langkah penting sebelum membangun ruangan tersebut adalah dengan mengukur terlebih dahulu luas ruangan secara tepat.

Situasi ini akan membantu dalam pembuatan desain yang sesuai dengan ukuran ruangan. Pastikan untuk mengukur luas ruangan secara tepat, desain yang terlalu besar atau kecil akan membuat walk in closet tidak efisien dan kurang nyaman digunakan.

Menentukan kebutuhan penyimpanan

Setelah mengetahui luas ruangan, kita dapat menentukan berapa banyak rak, laci, dan gantungan baju yang dibutuhkan untuk menyimpan segala perlengkapan pakaian, tas, sepatu dan lain-lain yang dimiliki.

Buat rancangan desain

Rancangan desain akan membantu dalam memvisualisasikan bagaimana walk in closet akan terlihat, serta memastikan bahwa desain tersebut sesuai dengan kebutuhan dan preferensi yang dinginkan.

Selain itu desain yang detail akan membantu dalam berkomunikasi dengan kontraktor dengan lebih mudah dan memastikan bahwa mereka memahami visi yang diinginkan dalam pembangunan walk in closet.

Memilih material yang tepat

Memilih material yang tepat untuk walk in closet sangatlah penting. Pertimbangkan kebutuhan penyimpanan, estetika, dan anggaran yang dimiliki.

Pilihlah material yang kokoh, tahan lama, dan sesuai dengan gaya desain yang diinginkan. Beberapa material yang umum digunakan adalah kayu, MDF, metal, plastik, dan kaca.

Tambahkan elemen dekorasi

Dekorasi merupakan elemen penting dalam walk in closet untuk menciptakan ruang yang fungsional, tampilan yang estetis, dan personal. 

Buatlah area khusus untuk bersiap-siap dengan meja rias, cermin, dan tempat duduk. Selain itu, gunakan furnitur multifungsi, pencahayaan yang tepat. Dengan penataan yang tepat, walk in closet akan menjadi salah satu ruang favorit di rumah.

Komponen Apa Saja yang Ada Pada Walk in Closet?

Walk-in closet merupakan ruang penyimpanan pakaian yang dirancang untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses dan mengatur barang-barang.

Walk-in closet biasanya memiliki area yang lebih luas dibandingkan dengan lemari pakaian tradisional, sehingga memungkinkan penggunanya untuk bergerak leluasa saat di dalamnya.

Komponen-komponen utama yang biasanya terdapat pada walk-in closet antara lain:

1. Rak dan gantungan

Rak dan gantungan merupakan elemen dasar dari walk-in closet, digunakan untuk meletakan pakaian, tas, perhiasan, dan lain-lain.

Komponen ini dapat dibuat dari berbagai material seperti kayu, logam, atau plastik, dan tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran.

2. Laci dan container box

Kotak penyimpanan dapat digunakan untuk barang-barang yang jarang digunakan, seperti sepatu bot atau pakaian hangat.

Container box dapat terbuat dari berbagai material seperti kain, plastik, atau rotan, dan tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk.

3. Cermin

Cermin dapat dipasang di dinding, pintu, atau bahkan langit-langit walk-in closet. Cermin dapat dilengkapi dengan pencahayaan untuk membantu melihat dengan lebih jelas ketika sedang berdandan.

4. Tempat duduk

Sebuah bangku atau kursi kecil bisa ditambahkan untuk kenyamanan saat mencoba sepatu atau pakaian. Tempat duduk juga dapat digunakan untuk menyimpan barang yang ukurannya kecil.

Inspirasi Desain Walk in Closet Sederhana

Ada banyak desain walk-in closet yang bisa menjadi inspirasi, berikut diantaranya:

Minimalis

Contoh desain walk in closet minimalis

Desain walk in closet minimalis dengan warna-warna netral dan garis-garis yang bersih cocok untuk ruangan yang kecil.

Modern

Contoh desain walk in closet modern

Desain modern dengan penggunaan material logam dan kaca memberikan kesan elegan dan futuristik.

Klasik

Contoh desain walk in closet gaya classic

Desain klasik dengan penggunaan kayu dan warna-warna natural memberikan kesan hangat dan nyaman.

Rustic

Contoh desain walk in closet dengan gaya ala rustic

Desain rustic dengan penggunaan material kayu dan batu memberikan nuansa alami dan pedesaan.

Glamor

Desain walk in closet glamor

Desain rustic dengan penggunaan kayu dan batu memberikan kesan alami dan pedesaan.

Tingkatkan gaya hidup dengan hunian premium di Upper West BSD, apartemen yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan ruang yang modern dan fungsional.

Upper West BSD menawarkan berbagai tipe unit dengan denah dan luas yang variatif, termasuk unit yang ideal untuk diubah menjadi walk-in closet impian. Bayangkan memiliki ruang untuk menyimpan koleksi pakaian yang luas dan tertata rapi, di mana Anda dapat dengan mudah menemukan apa yang dicari.

Dengan desain interior yang elegan dan material berkualitas tinggi, apartemen di BSD Serpong ini dapat memberikan pengalaman hunian yang tak terlupakan. Nikmati berbagai fasilitas lengkap seperti kolam renang, gym, taman bermain, dan masih banyak lagi.

Dijual Apartemen SOHO di BSD

Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan promo menarik!

Dwijaya Karya

Pengembang properti perumahan, apartemen, komplek komersial dan properti real estate lainnya yang terpercaya di Indonesia lebih dari 10 tahun.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker