Tips & TriksDesign Interior

5 Inspirasi Penyekat Ruangan, Agar Ruangan terlihat Lapang!

Banyak cara  dan inspirasi penyekat ruangan untuk membagi ruangan agar terlihat lebih lega, dengan cara menggunakan penyekat ruangan. Dibandingkan dengan dinding pemisah, penyekat ruangan lebih fungsional dan efisien untuk rumah mungil.

Selain membagi dan menciptakan area baru, penyekat atau partisi ruangan juga memudahkan akses perpindahan ruang. Biaya untuk memasang pintu dan sumber pencahayaan baru bisa dihemat karena penyekat ruangan hanya menutup sebagian ruangan saja. Desainnya yang cukup variatif juga membuat penyekat ruangan berfungsi sebagai ornamen dekorasi.

Tertarik menggunakan penyekat ruangan? Simak 5 inspirasi penyekat ruangan dengan desain menarik berikut ini!

1. Penyekat Ruangan dari Roster Elegan

axismundi.com
axismundi.com

Roster tidak melulu jadi pelindung bangunan yang ditempatkan di luar rumah. Materialnya pun tak sebatas semen dan beton. Dengan eksplorasi desain yang kreatif, roster bisa menjadi penyekat ruangan yang elegan. Dapat terlihat dari kolaborasi dua material, keramik kaca dan pelat besi, yang tak sekedar memisahkan ruang tamu dan area foyer, namun juga memperkaya permainan tekstur di kedua ruangan tersebut.

2. Ciptakan Privasi dengan Sliding Glass

kr-id.com
kr-id.com

Yang dikhawatirkan saat membagi area dengan penyekat ruangan adalah kamu tidak memperoleh privasi secara penuh. Namun, hal ini dapat diakali dengan memilih material dan desain penyekat ruangan yang sesuai.

Batasi ruangan dengan material kaca yang tidak seratus persen tembus pandang. Untuk desainnya, penyekat ruangan dapat dibuat selayaknya pintu geser sehingga bisa ditutup penuh sewaktu-waktu, tapi tetap praktis saat digunakan.

3. Jadikan Furnitur Sebagai Penyekat Ruangan

decoist.com
decoist.com

Ingin lebih efektif dalam membagi ruangan? Manfaatkanlah furnitur yang ada sebagai penyekat ruangan. Beberapa furnitur yang bisa membagi ruangan tanpa membuat ruangan terlihat sumpek diantaranya adalah rak atau lemari terbuka dan meja bar.

corynepless.com
corynepless.com

Untuk menggunakan furnitur ini sebagai penyekat ruangan, kamu bisa menempatkannya ditengah membelah dua area berbeda atau menempel salah satu sisinya ke bagian dinding. Peletakkan furnitur ini tergantung dengan penataan, luas, dan bentuk ruangan.

4. Penyekat Ruangan Modern

Permainan aksen di dalam ruangan bisa ditampilkan melalui penyekat ruangan yang disusun dari kisi-kisi kayu ini. Namun, kehadirannya tak kanya menambah nilai estetika semata. Pada ruangan ini, penyekat ruangan berupa menjadi pembatas interior ruang tamu sekaligus pengaman di area tangga.

houzz.com
houzz.com

Semakin kaya fungsinya, pada ruang keluarga ini penyekat ruangan difungsikan sebagai panel TV dan rak display. Perpaduan kisi kayu dengan kolom besi yang diperlihatkan penyekat ruangan ini memberikan kesan modern yang berkelas.

pebble-design.com
pebble-design.com

5. Triplek Daur Ulang Jadi Penyekat Ruangan

Bagaimana dengan membuat penyekat ruangan sendiri? Penyekat ruangan yang terbuat dari triplek daur ulang ini tak kalah stylish dari desain penyekat ruangan lainnya. Desainnya bisa disesuaikan dengan gaya interior ruangan dan selera personalmu.

decoist.com
decoist.com

Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatannya juga sederhana dan mudah diperoleh, tinggal menambah tali dan kawat. Ciptakan kontras saat mewarnainya agar penyekat ruangan tampil lebih ‘nyeni’.

decoist.com
decoist.com

Ada banyak inspirasi penyekat ruangan, masing-masing desain memberikan kesan berbeda, beberapa di antaranya pun memiliki fungsi lebih. Lalu, yang mana yang jadi favoritmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker