Tambahkan 7 Hal Ini Untuk Membuat Co-Working Anda Lebih Menarik

Coworking space merupakan salah satu teknik yang biasanya digunakan oleh para startup atau perusahaan baru untuk mendapatkan ruang kerja sementara dengan harga yang miring. Namun, harga yang miring tersebut bukan berarti tanpa kualitas. Berbagai startup dan perusahaan baru tersebut juga pastinya lebih melirik dan tertarik dengan co-working space yang nyaman dan menarik sehingga dapat membuat para karyawannya betah dan juga bersemangat.

Nah, selain berbisnis properti co-working di pusat kota dan juga melirik venue yang sedang ramai, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat Co-working Anda lebih menarik. Pst, selain bisa menjadi trik untuk para pemiliki co-working untuk menarik perhatian para perusahaan baru dan startup, beberapa tips berikut ini juga bisa diaplikasikan oleh Anda yang baru pindah kantor atau sedang ingin merenovasi atau merapihkan kantor Anda agar lebih menarik dan cozy.

image : pexels.com

Sebagai pebisnis properti untuk menyewakan space co-working, pasti Anda menginginkan untuk memanfaatkan seluruh ruangan yang ada dengan maksimal, kan? Nah, salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan ruangan bersekat. Selain Anda bisa menyewakan setiap ruangan dengan maksimal, entah untuk ruang meeting atau untuk startup lainnya, bagi perusahaan yang menegah, ruangan tersebut dapat disewa juga untuk menjadi ruangan meeting atau untuk memisahkan setiap divisi dalam perusahaannya. Daripada perusahaan tersebut memilih ruangan yang masih kosong, pasti calon penyewa lebih tertarik dengan ruangan yang sudah dipisah-pisahkan agar dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan dan juga kepentingan. Selain menguntungkan untuk Anda, hal ini juga sangat memudahkan calon penyewa dan menjadi suatu keunggulan dalam ruangan yang Anda tawarkan.

SOFA ATAU BEAN BAG

image : pexels.com

Perusahaan yang tertarik untuk menyewa ruangan di co-working space biasanya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kreatif atau digital. Biasanya juga, jenis perusahaan tersebut menginginkan ruangan yang nyaman dengan desain yang menarik dan juga masa kini. Oleh karena itu, untuk membuat ruangan Anda terlihat lebih menarik, Anda bisa menyediakan sofa dan juga bean bag yang bisa digunakan untuk bersantai oleh para penyewa co-working space tersebut. Meskipun terlihat peralatan yang sederhana, namun melihat space atau fasilitas yang Anda sediakan untuk bersantai atau beristirahat pasti dapat menjadi salah satu daya tarik untuk calon penyewa tersebut.

Begitu juga untuk Anda yang ingin merenovasi ruang kerja atau baru pindah kantor, menyediakan bean bag atau sofa juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat ruang kerja semakin menarik. Di samping itu, untuk yang bekerja di co-working space, menyediakan tempat bersantai tersebut dapat memberikan kesempatan bagi setiap perusahaan atau startup untuk saling berkumpul dan juga menjalin hubungan yang baik. Dengan begitu, meskipun dalam satu ruangan terdapat perusahaan yang berbeda, suasana co-working tersebut tetap terasa nyaman dan hangat.

GRAFIS YANG MENARIK

image : pexels.com

Salah satu trik untuk memasarkan space yang Anda sewakan adalah dengan membuat sebuah sudut yang asyik dan Instagrammable yang dapat dimanfaatkan oleh para penyewa untuk berfoto-foto yang pastinya akan mereka posting di sosial media masing-masing. Jika Anda berhasil menciptakan ruangan yang menarik dan juga nyaman, bukan hal yang tidak mungkin rekan dan kenalan dari penyewa tersebut akan tertarik juga dengan space Anda. Dengan begitu, Anda berkesempatan untuk mendapatkan calon penyewa baru untuk ruangan meeting atau ruang kantor yang masih tersedia untuk disewakan.

KONSEP RUANGAN YANG FUN

image : pexels

Jika ruangan tersebut diisi oleh kebanyakan para startup atau pekerjan kreatif, berarti tandanya Anda sedang berhadapan dengan orang-orang yang bekerja dengan fun. Selain menyediakan tempat bersantai, ada baiknya juga untuk menggunakan konsep ruangan yang fun. Misalnya dengan menggunakan cat tembok dengan berwarna-warni atau dengan menghiasi atap ruangan dengan berbagai dekorasi yang menarik. Dengan begitu, setiap pekerja yang menyewa ruangan kantor Anda pasti akan merasa sangat nyaman walau hanya menyewa dalam jangka waktu pendek. Karena co-working space sangat identik dengan tempat yang fun dan tempat berkumpulnya para anak muda nan kreatif, pastikan Anda menyediakan space yang tepat dan sesuai.

RUANGAN TERBUKA

image : pexels.com

Orang yang bekerja di co-working biasanya merupakan orang-orang dengan jiwa terbuka. Selain mereka bekerja di ruangan lapan bersama satu sama lain tanpa meja kubikal, mereka juga berbagi ruangan dengan perusahaan lain. Oleh karena itu, untuk membuat suasana kekeluargaan lebih menyenangkan, daripada membuat ruangan yang super tertutup, Anda bisa menyiasati untuk membuat co-working space dengan konsep yang terbuka, terlebih lagi jika space Anda dihiasi dengan taman-taman atau berada di lokasi yang cukup jauh dari kemacetan ibukota. Dengan ruangan terbuka, setiap karyawan atau penyewa bisa merasa lebih nyaman dan bebas. Namun, tetap, Anda harus menyediakan ruangan meeting yang dapat mereka pergunakan untuk kebutuhan rapat atau diskusinya yang bersifat rahasia.

OUTDOOR DALAM INDOOR

Konsep ruangan kerja outdoor memang belum begitu trend di Indonesia. Namun, di luar negeri, hal tersebut cukup menjadi salah satu trend yang sudah mulai banyak diikuti. Dengan membawa konsep outdoor dalam indoor, Anda bisa memberikan suasana bebas namun penuh ketenangan walau berada di dalam kantor. Jadi, cara membawa konsep outdoor dalam indoor ini sangat mudah, cukup hiasi ruangan kantor Anda dengan berbagai tanaman hias, pohon-pohon yang dipahat ataupun dengan memperbanyak dekorasi dari tanaman-tanaman hias yang membuat ornamen dan nuansa hijau di dalam ruangan lebih terasa.

DAPUR JUGA PENTING

Manjakan para penyewa ruangan Anda dengan fasilitas beragam. Walaupun nantinya mereka akan membutuhkan jasa pembersih masing-masing, namun mereka pasti tetap membutuhkan pantry atau dapur, terlebih lagi untuk startup atau pekerja kreatif yang biasanya bekerja hingga larut malam dan bahkan sampai lembur. Oleh karena itu, agar mereka tetap nyaman, usahakan untuk melengkapi kebutuhan tersebut dengan menyediakan dapur lengkap dengan tempat pencuci piring, lemari penyimpanan makanan dan sebagainya. Namun, karena coworking space ini berkesempatan untuk disewa oleh beberapa perusahaan dalam satu waktu, pastikan Anda telah menyediakan beberapa lemari untuk barang-barang masing-masing.

Bekerja di co-working merupakan proses yang paling menyenangkan sebelum berpindah ke ruang kantor pribadi yang lebih formal. Bagi sebagian orang, bekerja di co-working justru lebih membuat nyaman dibandingkan hanya berada dalam satu ruangan dengan orang yang itu-itu saja dan perusahaan yang sama juga. Nah, selain berguna untuk pemilik sewa properti co-working, hal di atas juga bisa diaplikasikan untuk Anda yang ingin merenovasi kantor.

Via
XWORK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker